MEMBINCANG KEMBALI HUBUNGAN SYARIAH DAN FILSAFAT

Maskur Rosyid(1*),

(1) STES Islamic Village Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Mempertentangan Filsafat dengan Agama (Syariah) sama dengan mempertentangkan akal dengan wahyu sebagai sumber kebenaran. Diskursus tersebut memuncak ketika al-Ghazālī memberikan kritik tajam atas filsafat. Kritik tersebut dikritik oleh Ibn Rushd. Lebih dari itu, upaya rekonsiliasi filsafat dan Syariah diberikan oleh Ibn Rushd. Epistemologinya dibangun atas tiga hal, metode al-Khaṭabiyah (Retorika), metode al-Jadaliyyah (dialektika), dan metode al-Burhāniyyah (demonstratif) yang dilakukan dengan metode takwil. Dalam Bahasa uṣūl al-fiqh, Ibn Rushd menggunakan metode al-jam’ wa al-tawfīq. Akal dan wahyu diposisikannya secara proporsional. Akal dan wahyu sama-sama digunakan sebagai alat untuk menemukan pengetahuan tanpa mengunggulkan yang satu di atas yang lainnya.

Keywords


Filsafat, Syariah, Takwil, Akal, Wahyu.

Full Text:

PDF

References


‘Aqqād, ‘Abbās Maḥmūd al-. Ibn Rushd. Mesir: Dār al-Ma‘ārif, t.th.

‘Irāqī, Muḥammad ‘Aṭīf Al-. Al-Naz’ah al-‘Aqliyah fi Falsafah Ibn Rushd. Kairo: Dār al-Ma’ārif, 1979.

‘Ubaydī, Ḥammadī al-. Ibn Rushd wa ‘Ulūm al-Sharī‘ah al-Islāmiyyah. Beirut: Dār al-Fikr al-‘Arabī, 1991.

Abduh, Muhammad. Ilmu dan Peradaban Islam Menurut Islam dan Kristen (terj. Mahyuddin Syah). Bandung: Diponegoro, 1992.

Abdullah, M. Amin. “Al-ta’wil al-‘ilmi: Ke Arah Perubahan Penafsiran Kitab Suci”, dalam Al-Jamiah, Vol. 39, Number. 2 July-Desember 2001.

Ahmad, Z. Abidin. Riwayat Hidup Ibnu Rushd (Averroes). Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Ahmad, Zainal Abidin. Riwayat Hidup Ibn Rushd. Jakarta: Bulan Bintang: 1975.

Ahwani, Ahmad Fuad al-. Filsafat Islam. Jakarta: Pustaka Firdaus,1997.

Asari, Hasan. “Dari Yunani Hingga Renaisans: Melacak Peranan Peradaban Islam Dalam Tradisi Intelektual Barat” dalam Journal Analytica Islamica, Vol. I, No. I, 1999.

Ashmawī, Muḥammad Sa‘īd al-. Nalar Kritis Syari’ah (Terj. Luthfi Tomafi). Yogyakarta: LKiS, 2012.

Bachtiar, Amsal. Filsafat Agama 1. Jakarta: Logos, 1997.

Baghdādī, ‘Abd al-Raḥmān al-Jawzī al-. Talbīs al-Iblīs. Kairo: Idārah al-Ṭibā’ah al-Munīriyah, 1368 H.

Bertens, K. Sejarah Filsafat Yunani. Yogyakarta: Kanisius, 1975.

Chandra, Edy. “Relasi Agama dan Filsafat” artikel dalam http://www.academia.edu/1887409/Relasi_Agama_dan_Filsafat_Menurut_Ibnu_Rushd diakses pada 23 September 2013, 00:46 WIB.

Coulson, Noel J. Conflicts and Tensions in Islamic Jurisprudence. Chicago & London: the University of Chicago Press, 1969.

Ehwani, A.F. al- “Ibn Rushd” dalam M.M Syarif (ed.), A History of Muslim Philosophy, Vol. 1. Wisbaden: Otto Harrassowitz, 1963.

Fyzee, Asaf A.A. Outlines of Muhammadan Law. Oxford: Oxford University Press, 1964.

Ghanī, ‘Abdul Maqsūd ‘Abdul. Al-Tawfiq Bayn al-Dīn wa al-Falsafah ‘Inda Falāsifah al-Islām fī al-Andalus (Agama dan Filsafat) terj. Saifullah & Ahmad Faruq. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Ghazālī, Abū Ḥamīd al-. al-Mustashfā min ‘Ilm al-Uṣūl. Beirut: Dār al-Fikr, 1986.

________. Tahāfut al-Falāsifah. Kairo: Dār al-Ma’ārif, 1928.

________. Fayṣāl al-Tafarruqah Bayn al-Islām wa Zindīqah. Beirut: al-Maktab al-Islāmī, 1390 H.

Hamlyn, D.W. “History of Epistemology”, dalam Paul Edward (ed.) The Encyclopedia of Philosophy. New York: Mac Millan, 1972.

Hamzah Dan Wa Muna, “Epistemologi Ibnu Rusyd Dalam Merekonsiliasi Agama Dan Filsafat” Zawiyah Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 4 No. 1, Juli 2018.

Hanafi, A. Pengantar Filsafat Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Hanafi, Ahmad. Theoligy Islam (Ilmu Kalam). Jakarta: Bulan Bintang, 1991.

Ḥasaballāh, ‘Alī. Uṣūl al-Tashrī’ al-Islāmī. Qahirah: Dār al-Fikr al-'Arabī, 1997.

Hasan, Fuad. Pengantar Filsafat Barat. Jakarta: Pustaka Jaya, 1996.

Ḥasan, Ḥusayn Ḥamīd. Naẓariyah al-Maṣlaḥah. Kairo: Dār al-Naḥḍah al-‘Arābiyah, 1971.

________. Uṣūl al-Fiqh. Mesir: t.p, 1970.

Iqbal, Muhammad. Ibn Rushd & Averroisme. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2004.

Ismail, Asep Usman. “Integrasi Syariah dengan Tasawuf” Ahkam Jurnal Ilmu Syariah, Vol. xii, No. 1, 2012.

Jābirī, Muhammed ‘Abid al-. Problem Peradaban: Penelusuran Jejak Kebudayaan Arab Islam dan Timur (Terj. Sumarwoto Dema dan Mosiri). Yogyakarta: Belukar, 2004.

________. Kritik Nalar Arab: Formasi Nalar Arab (Kritik Tradisi Menuju Pembebasan dan Pluralisme Wacana Interreligius) (Terj. Imam Khoiri). Yogyakarta: IRCiSod, 2003.

Kartanegara, Mulyadhi. “Masa Depan Filsafat Islam: Antara Cita dan Fakta” Makalah pada ulang tahun Paramadinan ke xx, Jakarta 2006.

Kattsof, L.O. Pengantar Filsafat (terj. Soejono Soemargono). Yogyakarta: Tiara Wacana, 1989.

Khaldūn, Ibn. “Shifā’ al-Masā’il li Tahdhīb al-Masā’il”, dalam ‘Abd al-Qādir Maḥmūd, al-Falsafah al-Ṣūfiyah fī al-Islām. Kairo: Dār al-Fikr al-‘Arabī, 1966.

Khallāf, ‘Abd al-Wahhāb. Maṣādir al-Tashrī' al-Islāmī fī mā lā Naṣṣ fī hā. Kairo: Ma’had al-Dirāsāt al-‘Arabiyyah al-‘Āliyah, 1955.

________. ‘Ilm Uṣūl al-Fiqh. Kairo: Dār al-Qalam, 1978.

Madjid, Nurcholis. Kaki Langit Peradaban Islam. Jakarta: Paramadina, 1997.

Maksum, Ali. Pengantar Filsafat dari Masa Klasik hingga Postmodernisme. Jogjakarta: ar-Ruzz Media, 2009.

Mas’ud, M. Khalid. Islamic Legal Philosophy. Islamabad: Islamic Research Institute, 1984.

Mas’udi, Masdar F. “Meletakkan Kembali Maṣlaḥah Sebagai Acuan Syari’ah” Jurnal ‘Ulum al-Qur’an, Vol. VI, No. 3, 1995.

Mu’nis, Ḥusayn. ‘Ālam al-Islām. Kairo: Dār al-Ma’ārif, 1973.

Mubarak, Jaih. “Pengantar” dalam Cecep Sumarna, Rekonstruksi Ilmu. Bandung: Benang Merah Press, 2005.

Munawwir, A.W. Kamus al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya: Pustaka Progressif, 1997.

Mūsā, Muḥammad Yūsuf. Bayn al-Dīn wa al-Falsafah: fī Ra`y Ibn Rushd wa Falāsifah al-‘Aṣr al-Wasīṭ. Kairo: Dār al-Ma’ārif, 1968.

Muthahhari, Murtadha. Tema-Tema Penting Filsafat Islam. Bandung: Yayasan Muthahhari, 1993.

Nadim, Ibn. the Fihris dalam Muhammed ‘Abid al-Jābirī, Kritik Pemikiran Islam Wacana Baru Filsafat Islam (Terj. Burhan). Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.

Nadwī, Abū al-Ḥasan al-. Islam and the World. Lucknow: Academy of Islamic Research and Publication, 1979.

Nasution, Harun. Filsafat dan Mistisisme dalam Islam, Cet. Ke IX. Jakarta: Bulan Bintang, 1973.

________. Islam Rasional. Bandung: Mizan, 1995.

Nasution, Hasyimsyah. Filsafat Islam. Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.), 116.

Qāsim, Maḥmūd. Falsafah Ibn Rushd wa Atharruhā fī al-Tafkīr al-Gharbī. Sudan: Jami’ah Ummi Durman al-Islāmiyah, 1967.

Qaṭṭān, Manna’ Khalīl. al-Tashrī’ wa al-Fiqh al-Islāmī. Beirut: Dār al-Fikr, 1982.

Qudamah, Ibn. Rawḍah al-Nadhīr wa al-Ju’annah al-Munādhir. Beirut: Mu’asasah al-Risālah, 1978.

Rapar, Jan Hendrik. Pengantar Filsafat. Yogyakarta: Kanisius, 1996

Rāzī, Fakhr al-Dīn al-. al-Maḥṣūl fī ‘Ilm al-Uṣūl al-Fiqh. Riyadh: Dār al-Fikr, 1981.

Rosyid, Maskur, Implementasi Konsep Maslahat al-Tufi. Magelang: PKBM “Ngudi Ilmu”, 2013.

Rushd, Abū al-Walid Muḥammad ibn Aḥmad Ibn. Bidāyah al-Mujtahid wa Nihāyah al-Muqtaṣid. T.tp: Dār al-Fikr, t.th.

________. Kitāb Faṣl al-Maqāl wa Taqrīr ma Bayna al-Ḥikmah wa al-Sharī’ah min al-Ittiṣāl. Kairo: Dar al-Ma’arif, t.t.

________. Tahāfut al-Tahāfut, al-Qism al-Awwal, Taḥqīq: Sulaymān Dunya, Cet. I. Mesir: Dār al-Ma’ārif, 1964.

Salam, M. Yuseran. Hadits-Hadits Thaharah dalam Kitan Bidayah al-Mujtahid. Yogyakarta: UII Press, 2003.

Schact, Joseph. An ntroduction to Islamic Law. Oxford: Oxford University, 1964.

Shāṭibī, Abū Isḥāq Ibrāhīm ibn Mūsā al-Lakhmi Al-. Al-Muwāfaqāt fī Uṣūl al-Aḥkām, I. Kairo: Dār al-Fikr, 1341 H.

Shiddiqi, Nuruzzaman. Tamaddum Muslim Bunga Rampai Kebudataan Muslim. Jakarta: Bulan Bintang, 1986.

Shihab, M. Quraish. Membumikan al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Masyarakat. Bandung: Mizan, 1994.

Sholeh, A. Khudori, (ed.), “Model Epistemologi Islam al-Jābirī” dalam Pemikiran Islam Kontemporer. Yogyakarta: Jendela, 2003.

Sholikhin, Muhammad. Filsafat dan Metafisika dalam Islam; sebuah Penjelajahan Nalar, Pengalaman Mistik, dan Perjalanan Aliran Manunggaling Kawula Gusti. Yogyakarta: Narasi, 2008.

Siradj, Said Aqiel. Islam Kebangsaan Fiqh Demokratik Kaum Santri. Jakarta: Pustaka Ciganjur, 1999.

Sirri, Mun’im A. Sejarah Fiqih Islam Sebuah Pengantar. Surabaya: Risalah Gusti, 1996.

Sulayman, Umar. Tārikh al-Fiqh al-Islām. Kuwait: Maktabah al-Falah, 1982.

Taymiyah, Ibn. Iqtiḍā’ al-Ṣirāṭ al-Mustaqīm. Beirut: Dār al-Fikr, t.th.

Wibisono, Koento. Dasar-Dasar Filsafat. Jakarta: Universitas Terbuka, 1989.

Yusuf, Muhammad. “Negara Ideal Menurut Ibn Rushd”, Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin Essensia, Vol. 4, No. 2, 2003.

Zahra, Muḥammad Abū. Uṣūl al-Fiqh. Mesir: Dār al-Fikr al-‘Arabī, t.th.

Zaid, Nasr Hamid Abu. Tekstualitas al-Quran: Kritik terhadap Ulumul Qur’an. Yogyakarta: LKiS, 2003.

Zayd, Muṣṭafā. al-Maṣlaḥah fi al-Tashrī’ al-Islāmī wa Najm al-Dīn al-Ṭūfī. ttp: Dār al-Fikr al-‘Arābī, 1954.


Article metrics

Abstract views : 129 | views : 70


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.13

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v2i1.13.g14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Maskur Rosyid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.