PENDIDIKAN AGAMA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PERSPEKTIF TEORI BARAT DAN ISLAM

Wari Setiawan(1*),

(1) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) sebagai makhluk sosial sepatutnya mendapatkan layanan pendidikan yang sebaik-baiknya, termasuk pendidikan agama.  Perlakuan terhadap mereka dapat dipahami melalui model medis dan model sosial. Model medis memandang ABK sebagai masalah sosial yang menghambat perkembangan masyarakat sehingga harus dipisahkan dari masyarakat. Model sosial menghendaki perlakuan ABK sebagai makhluk sosial yang harus diperlakukan sama karena punya hak yang sama dalam mendapatkan pendidikan. Begitu pula dengan teori Barat dan fithrah. Teori barat umumnya memandang pendidikan agama bgai mereka tidak perlu, karena agama adalah wilayah privasi. Berbeda dengan teori fithrah, ABK memiliki potensi keagamaan yang harus dikembangkan melalui pendidikan.

Keywords


ABK, Model, Teori Barat, dan Fithrah.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin, The Idea of Universality of Ethical Norms In Ghazali and Kant, diterjemahkan oleh Hamzah dengan judul, Antara Al-Ghazali dan Kant: Filsafat Etika Islam, (Bandung: Mizan, 2002)

Abidin, Zainal, Filsafat Manusia, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)

al-Ahwani, Fuad, al-Tarbiyah al-Islamiyah. (Kairo: Dar al-Ma’arif, 2008)

Al-Baghdady, Tafsir Khazin Musamma Lubab al-Ta’wil fi Ma’ani al-Tanzil, (Beirut: Dar al-Fikr, t.t.)

al-Ghazali, Muhammad, Nahwa Tafsir Maudhui li Suwari al-Quran al-Karim, (Beirut: Dar al-Shuruq, 2011)

Al-Qurthuby, Tafsir al-Qurthuby, (Beirut: Dar al-Fikr, t.t.)

Aly, Hery Noer, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos, 2008)

Anggraeni, Rima Rizki. “Persepsi Orang Tua terhadap Anak Berkebutuhan Khusus”, dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Vol.1 Nomor 1 Januari 2013

Anis, Ibrahim, Al-Mu’jam al-Wasith, (Kairo: Dar al-Ma’arif, 1972)

Azizy, Qadri, Melawan Globalisasi: Reinterpretasi Ajaran Islam Persiapan SDM dan Terciptanya Masyarakat Madani. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Badri, Sihabu, Teori Psikoanalisis Sigmund Freud, (Bandung: UIN Bandung, 2010)

Bafadal, Fadhal AR., Al-Qur’an dan Tafsirnya, (Semarang: CV. Al Waah, 2004)

Bayrakli, Bayraktar, Eksistensi Manusia: Perspektif Tasawuf dan Filsafat Mengatasi Problema Eksistensial Manusia Jalaluddin Rumi Sampai Filosof Kontemporer, (Jakarta: Perenial Press, 1997)

Damanhuri. Akhlak Perspektif Pemikiran Tasawuf Abdurrauf As-Singkili, (Banda Aceh: Ar-Rijal Publisher, 2011)

Daming, Saharudin.“Komparasi Nilai Penguatan Hak Penyandang Disabilitas dalam Lex Posterior dan Lege Priori”, dalam Jurnal HAM Vol. XIII-Tahun 2016

Fadjar, A. Malik. Holistika Pemikiran Agama, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005)

Harlock. Personality Development, (New York: Mc Millan, 2010)

Hartono, “Pendidik dan Peserta Didik Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam, dalam Jurnal Potensia Vol.13 Edisi 1 Januari-Juni 2014

Hermawan, Heris, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Diktis)

Ibn Miskawaih, Menuju Kesempurnaan Akhlak, (Bandung: Mizan, 1994)

Katsir, Ibnu. Tafsir Ibnu Kathir, (Cairo: Dar al-Shabuni, t.th.)

Kemenag, EMIS 2014/2015, (Jakarta: Ditjen Pendis, 2015)

Kemendikbud, Statistik Sekolah Luar Biasa Tahun 2015/2016, (Jakarta: Pusat Data Statistik Pendidikan, 2016)

Kurnali, Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sebagai Budaya Dalam Pembentukan Karakter Siswa: Studi Kasus di SMP Islam PB. Soedirman Jakarta, (Magelang: PKBM Ngudi Ilmu, 2014)

Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam dan Peralihan Paradigma, (Selangor: Hizbi, 1995)

Madjid, Nurcholish, Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah tentang Keimanan, Kemanusian dan Kemoderenan. (Jakarta: Paramadina, 1992)

Majdidi, Busyairi, Konsep Kependidikan para Filosof Muslim, (Yogyakarta: al-Amin, 1997)

Maskawaih, Ibnu, Tahdzib al-Akhlaq wa Tathir al-‘Araq, (Beirut: Mansyurat Dar Maktabah al-Hayat, 1398)

Miri, Jamaluddin, Pendidikan Anak dalam Islam, (Jakarta: Pustaka Amani, 2007)

Mujib, Abdul dan Mudzakir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Prenada, 2009)

Mujib, Abdul, Fithrah dan Kepribadian Islam: Sebuah Pendekatan Psikologis. (Jakarta: Darul Falah, 1999)

Murata, Sachiko, The Tao of Islam: Kitab Rujukan tentang Relasi Gender dalam Kosmologi dan Teologi Islam, (Bandung: Mizan, 2000)

Musa, Muhammad Yusuf, Falsafah al-Akhlaq fi al-Islam, (Kairo: Muassasat al-Kanji, 1963)

Nasution, Harun, Pendidikan Agama dalam Perspektif Agama-agama, (Jakarta: Konsorsium Pendidikan Agama di Pertenaga Pendidikan Tinggi Umum, 1995)

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam dengan Pendekatan Multidisipliner, (Jakarta: Rajawali Press, 2010)

Priatna, Tedi. Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004)

Qutub, Sayid, Fi Zilali al-Quran, (Beirut: Dar al-Shuruq, 1992)

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2006)

Rennison, Nick, Freud and Psychoanalysis, (London: Pdunk, 2010)

Sa’ad, Al-Thablawi Mahmud, al-Tashawwuf fi Turats Ibn al-Taimiyyah, (Mesir: al-Hai’at al-Mishriyyah al-Ammat li al-Kitab, 1984)

Shihab, M. Quraish, Wawasan Al-Quran: Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai Persoalan Umat, (Bandung: Mizan, 1996)

Sulaiman, Umar, Islam Kosmopolit: Ikhtiar Pembumian Nilai-Nilai Transenden dan Humanis di Ruang Publik, (Yogyakarta: Fresh Book, 2012)

Suryadi, Rudi Ahmad, Ghayah al-Tarbiyah fi Dhau’ al-Qur’an al-Karim, (Bandung: UIN Bandung, 2011)

Suseno, Frans Magniz. 13 Tokoh Etika, (Yogyakarta: Kanisius, 1997)

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Rosda Karya, 2007)

Tobroni dan Arifin, Syamsul, Islam Pluralisme Budaya dan Politik: Refleksi Teologi untuk Aksi dalam Keberagamaan dan Pendidikan, (Yogyakarta: Siprres, 1994)

Ulwan, Abdullah Nashih. Tarbiyah al-Aulad fi al-Islam, (Kairo: Darussalam, 1985)

Yusup, Syamsu, Teori Kepribadian, (Bandung: Rosda Karya, 2010)


Article metrics

Abstract views : 69 | views : 87


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.15

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.15.g16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Wari Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.