ESENSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KH. ABDURRAHMAN WAHID

Deden Saeful Ridhwan MZ(1*),

(1) STIT Islamic Village Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembaharuan pendidikan Islam dan modernisasi pendidikan Islam, dalam bahasa Arab taj’did al-tarbiyah al-Islamiah dan al-hadasah, dalam liputan istilah pertama, tentu saja ajaran-ajaran formal Islam harus diutamakan, dan kaum muslimin harus dididik mengenai ajaran-ajaran agama mereka. Yang diubah adalah cara penyampaiannya kepada peserta didik, sehingga mereka akan mampu memahami dan mempertahankan “kebenaran”. Bahwa hal ini memiliki validitas sendiri, dapat dilihat pada kesungguhan anak-anak muda muslimin terpelajar, untuk menerapkan apa yang mereka anggap sebagai “ajaran-ajaran yang benar” tentang Islam,

Keywords


Gagasan, Metodologi, Strategi Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Arif, Mahmud, Pendidikan Islam Transformatif (Jogjakarta: LKiS, 2008)

Aziz, Aceng Abdul (ed), Performa Masa Depan Ma’arif NU (Jakarta: PP Ma’arif NU, 2009)

Azra, Azyumardi, “Keragaman Indonesia: Pancasila dan Multikulturalisme”, makalah yang disampaikan pada Semiloka Nasional “Keragaman Suku, Agama, Ras, Gender sebagai Modal Sosial untuk Demokrasi dan Masyarakat Madani: Resiko, Tantangan dan Peluang”. Diselenggaran oleh Fakultas Psikologi UGM dengan Institute for Community Behavioral Change (ICBC) dan Konrad Adenauer Stiftung (KAS) di Yogyakarta 13 Agustus 2007.

Brinessen, Martin Van, Kitab Kuning dan Nilai-Nilai Tradisi (Bandung: Mizan, 1995)

Effendy, Bahtiar, Gus Dur dan Pupusnya Dwi Tunggal (Jakarta: Ushul Press, 2005)

E. Kosasih, Hak Gus Dur untuk Nyleneh, (Bandung: Pustaka Hidayah, 2000)

Fatoni, Sulton, The Wisdom of Gus Dur (Depok: Imania, 2014)

Haedari, Amin, Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern, (Jakarta: Diva Pustaka, 2004

-------, Khazanah Intelektual Pesantren II (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2010)

http://media.kompasiana.com/buku/2012/11/23/resensi-buku-gus-dur-dan-pendidikan-islam-upaya-mengembalikan-esensi-pendidikan-di-era-global-505496.html, diunduh pada 15 April 2018 pukul 13:25 WIB.

Kartanegara, Mulyadhi, Reaktualisasi Tradisi Ilmiyah Islam (Jakarta: Baitul Ihsan, 2006)

Manab, Abdul, Pendidikan Islam dalam Membangun Budaya Kosmopolitan Perspektif K.H. Abdurrahman Wahid, (Surabaya: IAIN Sunan Ampel, 2012)

Mustholih, Achmad, Konsep Pendidikan Pluralisme Menurut Abdurrahman Wahid Perspektif Pendidikan Islam, (Semarang: IAIN Walisongo, 2011)

Pracahya, Resdhia Maula, Konsep K.H. Abdurrahman Wahid Tentang Pendidikan Islam Multikultural, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2013)

Siradj, Said Aqil, et.al., Pondok Pesantren Modern “Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren”, (Bandung: Pustaka Hidayah, 1999)

Ridhwan, Deden Saeful, Madrasah di Indonesia Dinamika dan Eksistensinya dalam Jurnal Ma’arif NU (Jakarta: LP Ma’arif NU, 2017), h. 42.

Sonhadji, A. Munir, Pesantren as a Model of Non Formal Islamic Education (International Journal of Pesantren Studies, Volume 1, Number 1, 2007)

Qomar, Mujamil, Epistemologi Pendidikan Islam dari Metode Rasional hingga Metode Kritik (Jakarta: Erlangga, tt)

Turmudi, Endang (ed), Nahdlatul Ulama Ideoligy Politics and the Formation of Khaira Ummah (Jakarta: The Central Board of The Ma’arif Education Institution of NU, 2004)

Umah, Nandirotul, Pendidikan Islam di Indonesia Perspektif K.H. Abdurrahman Wahid, Program Studi Pendidikan Agama Islam, STAIN Salatiga, 2013.

Wahid, Abdurrahman, Pendidikan Islam Harus Beragam, Yogyakarta: Kedaulatan Rakyat, 2002. (Jogja: Kedaulatan Rakyat, Jumat 21/12/2002)

------, Muslim di Tengah Pergumulan, (Jakarta: Leppenas, 1983)

------, Gusdur Menjawab Kegelisahan Rakyat, (Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara, 2007)

Yusuf, Chairul Fuad (ed), Karakteristik Majlis Taklim (Jakarta: GP Press, 2007)


Article metrics

Abstract views : 39 | views : 104


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.19

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.19.g20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Deden Saeful Ridhwan MZ

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.