PENGARUH REFLEKS BAYI SEBAGAI PERTAHANAN AWAL KEHIDUPANNYA

Rosita Rosita(1*),

(1) STIT Islamic Village Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang kurangnya pemahaman orang tua tentang reflaks –refleks yang ada pada anaknya (baca; bayi), sehingga muncul paradigma yang tidak sesuai dengan perkembangan bayi. Selain itu kurangnya pemamahan tersebut membuat fakta menjadi pemahaman mitologi yang tidak sesuai dengan fakta dan teori yang sepatutnya diberikan dan distimulasi untuk pertahanan kehidupan bayi selanjutnya. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang pengaruh refleks bayi sebagai proses awal pertahanan kehidupannya. Penelitian ini dilakukan pada beberapa orang bayi. Dengan waktu pelaksanaan awal perkembangan bayi (0-6 bulan usia bayi). Penelitian  ini  menggunakan  rancangan  penelitian  kualitatif. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Data diperoleh dengan berpedoman pada instrumen penelitian yang mengacu pada aspek refleks bayi.  Dengan demikian  penelitian ini diharapkan. memberikan wacana baru yang positif dan memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman sebenarnya yang terjadi di sekitar kita

Keywords


Refleks bayi;

Full Text:

PDF

References


Monks,F.J. Knoerrs, A.M.P. Haditono, Siti Rahayu. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press. 1998.

http://www.tabloidnova.com/Nova/Keluarga/Anak/Mengenal-Lebih-Jauh-Refleks-Pada-Bayi

Eileen Allen, Marotz, RN., Developmental Profiles: Pre-Birth Trough Twelve. New York: Thompson Delmar Learning, 2008.

Santrock, John W. Life Span Development. Jilid 1 (Alih Bahasa: J. Damanik san A. Chusairi). Jakarta: Erlangga, 2002.

Sujiono, Yuliani Nurani dkk.. Jakarta:Elex media Komputindo 2010


Article metrics

Abstract views : 106 | views : 165


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.2

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.2.g2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Rosita Rosita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.