PROBLEMATIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Bach Yunof Candra(1*),

(1) STIT Islamic Village Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalahan dan tantangan yang ada dalam Pendidikan Agama Islam baik dalam pembelajarannya maupun dalam penerapannya multidimensi. Segala sesuatu pasti memiliki problematika yang menjadi permasalahan dan tantangan yang harus dihadapi dan dicari solusinya, terutama dalam pendidikan. Banyak sekali problematika dalam pendidikan yang masih harus diselesaikan. Penulis ingin mengkaji secara khusus tentang problematika yang menjadi masalah dan tantangan dalam Pendidikan Agama Islam. Sudah banyak penelitian tentang problematika Pendidikan Agama Islam, tetapi masih terfokus hanya kepada para pendidik dan menejemen sekolah. Padahal permasalahan Pendidikan Agama Islam bukan hanya ada dalam sebuah institusi pendidikan saja tetapi merupakan permasalahan bagi seluruh elemen masyarakat termasuk keluarga. Dalam kajian ini penulis ingin membahas dan mengkaji tentang problematika Pendidikan Agama Islam yang ditinjau dari ruang lingkup pendidikan yaitu sekolah, keluarga dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, berdasarkan studi kepustakaan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang menjadi tantangan-tantangan dalam Pendidikan Agama Islam baik sebagai sebuah disiplin ilmu, institusi ataupun jalan hidup dalam kehidupan setiap manusia, karena agama adalah budaya Tuhan.

Keywords


Pendidikan, Problematika PAI

Full Text:

PDF

References


An-nahlawi, Abdurrahman, Ushul At-Tarbiyah Al-Islamiyyah Wa Asalibaha Fil Bait Wal Madrosah Wal Mujtama’, (Damaskus: Darul Fkri, 1979)

Al-Qordhowi, Yusuf, Sistem Pengetahuan Islam, Terj. (Jakarta: Restu Ilahi, 2004)

Tim Pengembangan Ilmu Pendidikan FIP-UPI, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 1: Ilmu Pendidikan Teoritis, (t.k.: PT. IMTIMA, 2009)

--------------, Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian 3 : Pendidikan Disiplin Ilmu, (PT. IMTIMA, 2009)

Sa’ud, Udin Syaefudin dan Abin Syamsuddin Makmun, Perencanaan Pendidikan, (Bandung: Rosada, 2009)

Mulyasa, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung: Rosada, 2009) Rohiat, Manajemen Sekolah, Teori Dasar dan Peraktik, (Bandung: Refika Aditama, 2010)

Tim Pakar Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Malang, Manajemen Pendidikan Analisis Subtansi dan Aplikasinya Dalam Istitusi Pendidikaan, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2003)

Nurfitriyani, Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah, diakses dari https://nurfitriyani49.wordpress.com/2013/09/10/problematika- pendidikan-agama-Islam-di-sekolah/ pada tanggal 18 April 2016

http://eprints.walisongo.ac.id/1072/3/061211017_Bab2.pdf diakses pada taggal 18 April 2016.


Article metrics

Abstract views : 92 | views : 148


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.21

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.21.g22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Bach Yunof Candra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.