Peran Sentralistik Kiai Dalam Mengembangkan Pola Manajerial dan Out Put Madrasah Diniyah di Era Milenial

fatqu rois(1*), Himatul Munawaroh(2),

(1) Institut Agama Islam Ngawi
(2) MTs PSA An-Noor Ngawi
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak:

Kata kunci: Kepemimpinan, Kiai dan Madrasah Diniyah

Kiai sebutan bagi seseorang yang mengajarkan tentang ilmu agama Islam di Indonesia yang mempunyai peranan penting bagi masyarakat. Seorang kiai mempunyai berbagai metode dalam mensyiarkan agama islam di masyarakat. Metode yang digunakan salah satunya adalah berbasis Madrasah diniyah. Saat ini madrasah diniyah mengalami masalah yang cukup kronis yang dapat membahayakan eksistensinya yaitu menurunnya jumlah santri yang belajar disana. Kiai sebagai penentu arah madrasah diniyah tentu mempunyai pengaruh yang sangat kuat, sehingga maju mundurnya suatu madrasah diniyah tergantung dari pola pikir dan tindak tanduk dari kiainya. Kiai harus mengetahui problematika yang ada dalam madrasah diniyah serta harus mampu membuat metode-metode praktis guna memperkuat lulusannnya. Kiai juga hendaknya memperluas wawasan dan koneksi supaya madrasah diniyah tetap eksis dan bisa memberikan lulusan yang bisa mandiri di masyarakat.

 

Abstract:

Keyword: Leader, Kiai and Diniyah School

Kiai is the applellaton for man teaching Islamic knowledge in Indonesia he have urgent role for the society. Kiai have many methods for spread to doctrine of Islam in society. One of many methode from kiai with based diniyah school. Diniyah school now had heavy problem can bringing into annihilate this place is decrease amount of santri(applellation of students in diniyah school). Kiai as the leader from diniyah school have strong influence so succeed or broken it depend on from mindset and act kiai. Kiai must know a problem in diniyah school and making many methods to giving many skill out put. Kiai must expand insight and conections  for diniyah school still excist and can giving out put multy talent in society.


Keywords


Kepemimpinan;Kiai;Madrasah Diniyah

Full Text:

PDF

References


Amin, Haedar dan Elsaha Isham, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah (Jakarta: Diva Pustaka, 2004)

Al Hafidz, Yahya Abdul Fatttah Az Zamawi, Revolusi Menghafal Al-Quran: Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan Terjaga Seumur Hidup (Surakarta: Insan Kamil, 2010)

Asy-Syinqithi, Muhammad Habillah Muhammad, Kiat Mudah Menghafal Qur’an (Solo: Gazzamedia, 2011)

Bisri, A. Musthofa, Percik-Percik Keteladanan Kiai Hamid Ahmad Pasuruan (Rembang: Lembaga Informasi dan Studi Islam (L” Islam) Yayasan Ma’had as-Salafiyah, 2003).

Direktorat Pendidikan Keagamaan & Pondok Pesantren Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah, (Jakarta: Departemen Agama RI, 2003)

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Study tentang Pandangan Hidup Kiai (Jakarta: LP3S, 1982)

Dyer, Wayne W, Ada Jalan Spiritualitas Bagi Setiap Masalah (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum, 2005)

Ernest, Carl W, Ajaran dan Amaliah Tasawuf, terj. Arif Anwar (Yogyakarta: Pustaka Sufi, 2003)

Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001)

Lubis, Saiful Akhyar, Konseling Islami Kiai dan Pesantren (Yogyakarta:eLSAQ Press, 2007)

Rasyid, Hamdan, Bimbingan Ulama; Kepada Umara dan Umat (Jakarta: Pustaka Beta, 2017)

Markoesono, Priatno H, Spiritual Thinking (Bandung: PT Mizan Pustaka, cet I, 2000)

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)

Munawir, Ahmad Warson, Kamus Arab – Indonesia Al-Munawir (Surabaya: Pustaka Progresif, 1997)

Mustamir, 5 Metode Penyembuhan dari Langit (Yogyakarta: Lingkungan, 2008)

Rasyid, Hamdan, Bimbingan Ulama: kepada Umara’ dan Ummat (Jakarta: Pustaka Beta, 2007).

Saha, M. Ishom, Dinamika Madrasah Diniyah di Indonesia :Menelusuri Akar Sejarah Pendidikan Nonformal (Jakarta: Pustaka Mutiara, 2005)

Suseno, Darmo Budi, Lantunan Shalawat dan Nasyid untuk Melejitkan IQ-EQ-SQ (Yogyakarta: Media Insani, 2005)


Article metrics

Abstract views : 7 | views : 6


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v2i2.26

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v2i2.26.g25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 fatqu rois

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.