EKSISTENSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN TOLERANSI BERAGAMA

Maemunah Maemunah(1*),

(1) STIT Islamic Village Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan agama di sebuah sekolah merupakan sebuah mata pelajaran yang wajib diselenggarakan karena peranan dan kontribusi pendidikan agama sangat penting dalam pengembangan sikap toleransi keagamaan, sehingga tercipta budaya sekolah yang baik. Pendidikan agama Islam dan pendidikan agama lainnya tentu menekankan pada pengajaran mengenai norma, moral, dan etika yang baik yang bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi pribadi yang baik. Pendidikan Agama Islam juga tak kalah penting dengan segala jenis pendidikan lainnya. Hal tersebut dikarenakan pendidikan Islam merupakan suatu lembaga pendidikan yang mengajarkan tentang kedamaian dan kerukunan dalam masyarakat dan menjungjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Dan agama mampu meredam segala persoalaan kehidupan atau konflik yang terjadi di tengah-tengah masyarakat akibat berbagai perbedaan, sehingga dapat membangun toleransi beragama.

Keywords


Toleransi Beragama, Pendidikan Agama Islam, Tasamuh.

Full Text:

PDF

References


Agil Husin Al-Munawwar, Said, Fikih Hubungan Antar Agama, (Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Al-Ghazali, Muhammad, al-Islam al-Muftara ‘Alayhi, (Kairo: Nahdatu Misr, 2008)

Al-Muhit, Oxford Study Dictionary English – Arabic, (Beirut: Academia, 2008)

Al-Qardhawi, Yusuf, Ghairul-Muslimin fiiil Mujtama’ Al Islami, (Qahirah: Maktabah Al-Wahbah, 2002)

Azra, Azyumardi, Menuju Masyarakat Madani,: Gagasan, Fakta, dan Tantangan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990)

Bank, James A, Handbook of Research on Muticultural Education http://www.educationworld.com

Baghi, Felix, Pluralisme, Demokrasi, dan Toleransi, (Maumere: Ladero, 2012)

Baidhawy, Religion education Multicultural Perspective, (Surakarta: Pusat Studi Budaya dan Perubahan Sosial Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2005)

Daradjat, Zakiah, dkk., Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004), Zakiah Daradjat, dkk., Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 2004)

Dewey, John, Democracy and Education, (The Free Press)

Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Departemen Agama RI, Laporan Workshop Penelitian Multikultural Pertama, (Jakarta: Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Departemen Agama RI, 2008)

Fanani, A. Fuad, Islam Mazhab Kristis: Menggagas Keragaman Liberti, (Jakarta: Kompas Gramedia, 2004)

Kahmad, Dadang, Sosiologi Agama, (Bandung: Rosda Karya, 2000)

Kantor Wilayah Kementrian Agama Sosialisasikan PP No.55 Tahun 2007 Tentang Pendidikan Agma adan Keagamaan, Direktorat Jendral

Pendidikan Islam Kementrian Agma RI, http://pendis.kemenag.go.id

Kasiram, Moh., dkk, Sejarah Pendidikan Islam, cet II, (Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1986)

Kementrian Agama RI Badan Litbang dan Diklat Puslitbang, Toleransi Beragama di Daerah Rawan Konflik, (Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2016)

Ma’arif, Syamsul, Pendidikan Pluralisme di Indonesia, (Jogjakarta: Logung Pustaka, 2005)

Misrawi, Zuhairi, Al-Qur’an Kitab Toleransi: Tafsir Tematik Islam Rahmatan Lil’alamin, (Jakarta: Grasindo Pustaka Oasis, 2010)

Muhammad al-Toumy Al-Syaibani, Omar, Falsafah Pendidikan Islam, penerjemah Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979)

Nata, Abuddin, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2010)

Nurmaliah, Yayah, Pendidikan Agama Islam Pluralis, disertasi SPs UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007

http://hukum.unsrat.ac.id/men/mendiknas_16_2007.pdf

Peres, Zagorin, How the Idea of Religious Toleration Came to the West, (Princeton University Press, 2003)

Qutub, Sayyid, Tafsir Fi Zilal al-Qur’an, jilid 4, (Kairo: Dar al-Syuruq, 1982)

Raji Al-Faruqi, Ismail, Tauhid, (Bandung: Pustaka, 2008)

Russel, Jenice R, Religious Tolerance, Education and The Curriculum, The Netherlands (2011), 12. http://www.sensepublishers.com

Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009)

Singh, Gurbachan, Equality and Education, (Derby: Albrighto Publications, 1993)

Stiftung, Bertelsmann, “A Modern Concept of Tolerance Basis for Democratic Interaction in Pluralistic Societies,†http://www.bertelsmannstiftung.pdf (diakses pada tanggal 17 Juli 2017).

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Cet.IX, (Bandung; Remaja Rosdakarya, 2010)

The new International Webster Chomprehensive Dictionary of The English Language, (Chicago: Trieden Press International, 2006)

Tilaar, H.A.R, Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, (Jakarta: Grasindo, 2004)

UNESCO, “Learning to Live Together In Peaceand Harmony: Values Education for Peace, Human Rights, Democracy and Sustainable Development fortheAsia-PasificRegion,†http://unesdoc.unesco.org/pdf

Yaqin, M. Ainul, Pendidikan Multikultural: Cross-Understanding Untuk Demokrasi dan Keadilan, (Yogyakarta: Pilar Media, 2005)


Article metrics

Abstract views : 655 | views : 810


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.16

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.16.g17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Maemunah Maemunah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.