Peran Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Emosional Bagi Generasi Digital Native

Irma Budiana(1*),

(1) STIT Islamic Village Tangerang - Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah atau mengkaji peran kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional bagi generasi digital native. Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan meneliti sejumlah buku-buku yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Kajian peran kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional bagi generasi digital native ini bertujuan untuk menyadarkan generasi digital native bahwa bukan hanya kecerdasan intelegensi saja yang harus dikembangkan, namun  juga sadar akan pentingnya kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional, sehingga generasi digital native mampu menghadapi derasnya kemajuan teknologi dan mampu memfilter hal-hal yang positif bagi dirinya, karena dibekali kemampuan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional yang baik. Karena  dengan  kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional hidup akan lebih bermakna. Dengan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional akan memberi manusia rasa moral, memberi manusia kemampuan untuk membedakan yang baik dan buruk, dan memberi manusia kemampuan untuk  menyesuaikan dirinya dengan aturan-aturan yang baru. Generasi digital native tidak akan mampu memfilter atau membentengi dirinya dari dampak negatif kemajuan teknologi jika tidak memiliki kecerdasan spiritual yang baik. Dengan demikian kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional itu sangat penting dan harus ditanamkan sejak dini pada anak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan memberi makna spiritual pada setiap perilaku dan kegiatan sehari-hari dalam kehidupannya (2) kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengelola dan memilah-milah perasaan serta mengendalikan keadaan emosi di dalam dirinya, kemampuan untuk berinteraksi dan membina hubungan yang baik dengan orang lain. (3) generasi digital native adalah generasi yang mempunyai akses ke internet dan teknologi sejak mereka lahir (4) kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional mempunyai peran yang sangat penting bagi generasi digital native, oleh karena itu orang tua harus mampu menanamkan dan mengembangkan kemampuan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional pada anak karena dengan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional yang baik akan membimbing anak untuk meraih kebahagiaan yang hakiki.


Full Text:

PDF

References


Al. Tridhonanto, Beranda Agency, Melejetkan Kecerdasan Emosib(EQ) Buah Hati, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009)

Amitya Kumara, Ayu Sulistyaningsari, dkk., Mengenali dan Menangani Emosi Pada Siswa, (Yogyakarta: Kanisius, 2018)

Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual: ESQ Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam, (Jakarta: Arga Wijaya Persada, 2001)

Ary Ginanjar Agustian, Emotional Spiritual Quotient, (Jakarta: Arga, 2001)

Arum Faiza, Sabila J. Firda, dkk, Arus Metamorfsa Milenial, (Ngampel Kendal: PT. Ernest, 2018)

Abdul Wahid Hasan, SQ Nabi (Aplikasi Strategi dan Model Kecerdasan Spiritual Rasulullah di Masa Kini), (Jogyakarya: IRCISoD, 2006),

Baharudin dan Elsa Nurwahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, (Jogjakarta: A-Ruzz Media, 2010)

Budi Yuwono, SQ Reformation Rahasia Pribadi Cerdas Spiritual, ( Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010)

Daniel Goleman, Working with Emotinal Intelligence: Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi Terjemahan Alex Tri Kantjono, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)

Dicki Agus Nugroho, Spiritual Skill, Best Practice, Generasi Digital, dan Perpustakaan Ramah Anak: Ada Di Sini, (Mungkid Magelang: Pustaka Rumah C1nta, 2019)

Damhuri Muhammad, Takhayul Milenial, (Jakarta: Cikini Art Stage, 2020)

Danah Zohar dan Ian Marshall, SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berfikir Integralistik dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan, (Bandung: Mizan Media Utama, 2000)

E.B. Surbakti, Kenali Anak Remaja Anda, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009)

Hamzah B. Uno, Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara 2006)

Imas Kurniasih, Mendidik SQ Anak Menurut Nabi Muhammad SAW, ( Yogyakarta: Pustaka Marwah, 2010)

Iis Rodiah, Menjadi Guru Bagi Generasi Z, (Tasikmalaya: Edu Publisher, 2019)

Jalaluddin Rakhmat, SQ For Kids: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Sejak Dini, (Bandung: Mizan Pustaka, 2007)

Jarot Wijarnako, Mendidik Anak untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005)

Maulifa, Psycho Islamic Smart Parenting, (Yogyakarta: Diva Press, 2009)

Mohamad Fadhilah Zein, Panduan Menggunakan Media Sosial Untuk Generasi Emas Milenial, 2019

Mohd. Azhar ABD Hamid, Panduan Meningkatkan Kecerdasan Emosi, (Kuala Lumpur: Professional Publishing Sdn.Bhd, 2007)

Nyi Mas Diane Wulansari, Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak di Era Digital, (Jakarta: Visimedia Pustaka, 2017)

Prima Vidya Asteria, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra, (Malang: Universitas Brawijaya Press, 2014)

R. Bambang Sutikno, Sukses Bahagia dan Mulia Dengan 5 Mutiara Kecerdasan Spiritual; Kiat Pencerahan dengan Sentuhan Modern dan nilai-nilai Keagamaan, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2014)

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)

Sukidi, Rahasia Sukses Hidup Bahagia, Kecerdasan Spiritual, Mengapa SQ Lebih Penting dari IQ & EQ, (Jakarta: Gramedia Pustaka Umum, 2002)

Silih Agung Wasesa, Jim Macnamara, Strategi Public Relation, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010)

Stevent J. Stein & Howard E. Book, Ledakan EQ: 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional Meraih Suskses, Terjemahan Akhyar, (Bandung: Kaifa, 2004)

Prima Vidya Asteria, Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra, (Malang: Universitas Brawijaya Press, 2014)

Yayuk Nuryanto, Cakap Berdemokrasi Ala Generasi Milenial Buku Pengayaan Materi Pelajaran PKN, (Yogyakarta: Deepublish, 2018)

Yusep Solihudien, Strategi Melesatkan Trioraksasa Kecerdasan Anak: Prinsip Parenting Islami di Era Millenial, (Pasuruan: Qiara Media, 2020)


Article metrics

Abstract views : 351 | views : 143


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v4i1.103

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v4i1.103.g95

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Irma Budiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.