KONSEP IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

Rohman Rohman(1), Abdul Rohman(2*),

(1) STAIN Mandailing Natal
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan ibnu khaldun tentang pendidikan dan relevansinya dengan pendidikan di Indonesia. Dalam penenelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode dekriptif kualitatif, dengan menggunakan penelitian literatur. Hasil penelitian yang diperoleh Ibnu Khaldun mengklasifikasikan ilmu berdasarkan materi yang dibahas di dalamnya serta mempertimbangkan kegunaan dari ilmu tersebut menjadi: ilmu lisan (bahasa), ilmu naqli, dan ilmu aqli. Pendidik adalah seseorang yang mempunyai keilmuan dan wawasan yang luas dan mempunyai kepribadian yang baik. Peserta didik adalah seseorang yang dinilai belum dewasa dan mempunyai potensi yang dapat dikembangkan. Dengan demikian peserta didik membutuhkan bantuan orang dewasa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Metode pembelajaran yang ditawarkan oleh Ibnu Khaldun antara lain: metode rihlah ilmiah, metode pentahapan dan pengulangan (tadarruj wat tikrari), dan metode pengenalan umum. Relevasi konsep pemikiran Ibnu Khaldun dengan pendidikan di Indonesia antara lain dalam hal wawasan manusia di Indonesia, tujuan pendidikan Islam, dan kurikulum pendidikan.Kata kunci: Konsep,Pendidikan, Ibnu Khaldun,Relevansi

Full Text:

PDF

References


Aziz Safruddin. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Kalimedia, 2015.Buhori. “Nilai – Nilai Pendidikan Amanah Dalam Al-Qur’an’.†Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 4, no. 2 (2018). https://doi.org/10.24014/Jiik.V4i2.4780.Juju Saepudin. ““Model Pembelajaran Dalam Perspektif Ibnu Khaldun: Resepsi Terhadap Kitab Muqaddimah.†Edukasi 13, no. 2 (2015). https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/240.Manaf, Al. “PEMIKIRAN IBNU KHALDUN TENTANG PENDIDIKAN DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN DUNIA.†Staidarussalam 9, no. 1 (2020). https://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/assalam/article/view/116/213.Muh. Barid Nizaruddin Wajdi. “Pendidikan Ideal Menurut Ibnu Khaldun Dalam Muqaddimah.†LENTERA Jurnal Kajian Keagamaan, Keilmuan, Dan Teknologi. 13, no. 2 (2015). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/lentera/article/view/1323.Muhammad Insan Jauhari. “Konsep Pendidikan Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Era Modern.†AL MANAR 9, no. 1 (2020). https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/138.Nana Syaodih Sukmadhinata. Metode Penelitian Pendidikan Bandung. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.Nasution, Abdul Rohman. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM KITAB AL-RISALATUL QUSYARIYAH.†Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021): 86–95.Nurainiah. “PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF IBNU KHALDUN.†SERAMBI TARBAWI 7, no. 1 (2019). https://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1374.Siti Rohmah. “Relevansi Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dengan Pendidikan Modern.†Forum Tarbiyah 10, no. 2 (2012). https://e-journal.iainpekalongan.ac.id/index.php/forumtarbiyah/article/view/384.Sunhaji. “Konsep Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun.†INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 20, no. 2 (2015). http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/view/803.suwardi dkk. Panduan Penulisan Skripsi. Yogyakarta: FITK UIN Sunan Kalijaga., 2012.Syamsul Hidayat: ana nurwakhidah. “Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Nasional.†PROFETIKA (Jurnal Studi Islam) 16, no. 1 (2016). https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/1836.T. SAIFUL AKBAR. “MANUSIA DAN PENDIDIKAN MENURUT PEMIKIRAN IBN KHALDUN DAN JOHN DEWEY.†DIDAKTIKA 15, no. 2 (2015). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/582/485.Undang-undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan (2003).Yayat Hidayat. “Pendidikan Dalam Perspektif Ibnu Khaldun.†AL ILMI 2, no. 1 (2019). https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/index.php/ilmi/article/view/261.


Article metrics

Abstract views : 113 | views : 70


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v6i1.273

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v6i1.273.g229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Abdul rohman Abdul

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.