KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN DAN IMPLEMENTASINYA PADA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KOTA TANGERANG SELATAN

M. Edi Suharsongko(1*), Aprianif Aprianif(2), Armai Arif(3), Akhmad Shunhaji(4),

(1) STAI Muslim Asia Afrika
(2) Universitas Cendekia Abditama
(3) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(4) Universitas PTIQ Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan isyarat guru dalam Al-Qur’an, mendapatkan rumusan kompetensi kepribadian, memotret konsep kepribadian guru, menemukan peta kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di kota Tangerang Selatan dan strategi pembinaannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pustaka (library research) dan lapangan (field research) yang menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian Metode Gabungan (Mixed Methods). Adapun objek penelitian ini adalah guru Pendidikan agama Islam di Kota Tangerang Selatan. Data penelitian diperoleh melalui teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis data interaktif yang dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam di Kota Tangerang Selatan pada beberapa indikator capaiannya menunjukkan tingkat kompetensi yang rendah, antara lain; kurang berinovasi dalam pembelajaran, kurang mengaktifkan peserta didik, kurang mengembangkan diri, kurang disiplin dalam tugas, tidak menyelesaikan tugas-tugasnya secara tuntas. Peningkatan kualitas kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam, antara lain: pembinaan guru pendidikan agama Islam, pembinaan kurikulum pendidikan agama Islam pada pada jenjang  TK, SMP dan SMA/SMK, kerjasama dengan pemerintah kota Tangerang Selatan dalam pengembangan pendidikan agama islam, mengadakan kajian, penelitian dan studi tiru, mengadakan ajang kompetisi siswa, dan guru.


Keywords


Perspektif Al-Qur'an; Kompetensi Kepribadian Guru; Implementasi; Guru Pendidikan Agama Islam di Kota Tangerang Selatan.

Full Text:

PDF

References


Abbas Tashakkori, Charles Teddlie, Mixed Methods In Social & Behavioral Research, Terj. Daryatno, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2010.

Abdillah Muhammad, Abi.Shahih Bukhari. Beirut: Darul Fikr, t.t, Jilid I.

Abdurrahman, Moeslim. “Pedagogi Kaum Pinggiran†Harian Umum Kompas, edisi Selasa, 02 Mei 2006.

Ahmad Yani, Belajar karakter dari para Nabi, Jakarta: Khairu Ummah, 2018

Ali bin Usman, Abu al Qasim. Sirâj al-Qari` al-Mubtadi` wa Tidzkar al-Muqri al-Muntahî, ttp: Dar al-Fikr, t.t.

Ali, Yunasril. Perkembangan Pemikiran Falsafi dalam Islam. Jakarta, Bumi Aksara, 1991.

Alt, Dorit and Roni Reingold (Ed.). Changes in Teachers’ Moral Role: From Passive Observers to Moral and Democratic Leaders. Rotterdam: Sense Publishers, 2012

Amien, Miska Muhammad. Epistemologi Islam: Pengantar Filsafat Pengetahuan Islam. Cet. I; Jakarta: UI-Press, 1983.

Amin. Hauli, Al-A'mal Al-Kamilah Al-Mujtahidun fil Islam. Kairo: Misriyah Al-Kitabah lil Ammah, Kairo, 1992.

Angela Lumpkin, “Teacher as Role Models: Teaching Character and Moral Virtuesâ€, JOPERD, Vol. 79, No. 2, 2008.

Apple, Michael W. Education and Power. Boston: Ark Paperbacks, 1985.

Arif, Mahmud, Pendidikan Islam Transformatif, Yogyakarta: LKiS, 2008

Arifin, M. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Arsyad, Azhar. Pokok-Pokok Manajemen Pengetahuan Praktis bagi Pimpinan dan Eksekutif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Aulia, Tim Redaksi Nuansa. Sistem Pendidikan Nasional, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Beserta Penjelasannya. Bandung: Nuansa Mulia, 2009.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam atau Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Badan Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Kemendikbud RI, 2006.

Bakker, Anton dan Achmad Charris Zubair. Metodologi Penelitian Filsafat. Cet. VI; Yogyakarta: Kanisius, 1998.

Bastani, Karim, Dkk. Al-Munjidi fi Lughah wa A’lam. Beirut: Darul Masyriq, 1975.

Basyuni, M. “Kampus Masa Depan†Swara Cendekia, No. 1, tahun 1, 2005.

Block, Alan. Ethics and Teaching: A Religious Perspective on Revitalizing Education. New York: Palgrave Macmillan, 2009.

Budiman, Nasir. Pendidikan dalam Perspektif al-Qur’an. Jakarta: Madani Press, 2001.

Bullough Jr, .Robert V. “Ethical and moral matters in teaching and teacher education†Elsevier Ltd. 2010. www.elsevier.com/locate/tate. Doi:10.1016/j.tate.2010.09.007

Churchill, Larry R. “The Teaching of Ethics and Moral Values in Teaching: Some Contemporary Confusions†The Journal of Higher Education, Vol. 53, No. 3, Ethics and the AcademicProfession, 1982,http://www.jstor.org/stable/1981749. Doi: 0022-1546/82/0582-0296$00.50/

Danim, Sudarwan. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam Tantangan Masa Depan. Bandung: Citapustaka Media, 2002.

Davis, Malcolm. Dealing with Controversial Issues dalam Caroline Ellwood, “Learning and Teaching about Islam: Essays in Understandingâ€, Great Britain: John Catt Educational Ltd, 2012

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Departemen Pendidikan Nasional, Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Guru, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.

Dhofier, Zamakhsyari. Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1994.

Djamarah, Saiful Bahri. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: RinekaCipta, 2000.

Durkheim, Emile. Educatiaon and Sociology, Illinois: The Free Press A Corporation, tt.

Ed, “Kompetensi Kepribadian Guru Menurut UUâ€, dalam http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/kompetensi-kepribadian-guru-menurut-uu.html. Diakses: 29 Januari 2023.

Ed,“Kompetensi Kepribadian Guru Menurut UUâ€, dalam http://www.jejakpendidikan.com/2016/12/kompetensi-kepribadian-guru-menurut-uu.html

ed.https://dki.kemenag.go.id/artikel/menghadirkan-ruhul-mudarris-pada-masa-pembelajaran-covid-19. Diakses 26 januari 2023.

Engineer, Asghar Ali. Islam and Liberation Theology: Essays on Liberative Elements in Islam. New Delhi: Sterling Publishers Private Ltd, 1990.

Fadjar, Malik. Reorientasi Pendidikan Islam, Jakarta: Fajar Dunia, 1999.

Fakih, Mansour et al. Pendidikan Popular; Membangun Kesadaran Kritis, Yogyakarta: Read Book, 2001.

Fenstermacher, Gary D., Richard D. Osguthorpe, & Matthew N. Sanger. “Teaching Morally and Teaching Moralityâ€, Teacher Education Quarterly, Summary, 2009.

Freire, Paulo. Pedagogy of The Oppressed. NewYork: Praeger, 1986.

Ghazali, Abu Hamid. Ihya Ulum aldin, juz 1, Kairo: Maktabah Wamatba’ah al-Masyhad al-Husainy, tt.

Giroux, Henry A. “Is there a Place for Cultural Studies in Colleges of Education?†dalam Henry A. Giroux dkk., Counternarratives: Cultural Studies and Critical Pedagogies in Postmodern Spaces. New York: Routledge, 1996.

Glass, Ronald David. “On Paulo Freire’s Philosophy of Praxis and the Foundations of Liberation Educationâ€, Educational Researcher, Vol. 30, No. 2, Maret 2001.

Gruenewald, David A. “The Best of Both Worlds: a Critical Pedagogy of Placeâ€, Educational Researcher, Vol. 32, No. 4, May 2003.

Gur-Ze’ev, Ilan. “Critical Theory, Critical Pedagogy and Diaspora Today: Toward a New Critical Language in Education (Introduction)†dalam Ilan Gur-Ze’ev (ed.), Critical Theory and Critical Pedagogy Today. Haifa: Faculty of Education University of Haifa, 2003.

Hadits: Musnad Ahmad, No.304, Kitab: Musnad sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga, Bab: Awal musnad Umar bin Al Khatthab radhiallahu 'anhu

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Hamruni. Konsep Edutainment dalam Pendidikan Islam.Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga` 2008.

Harold Loukes, “Morality and the Education of the Teacher†Oxford Review of Education, Vol. 2, No. 2 (1976). http://www.jstor.org/stable/1050208

Hasan, Fuad. Pendidikan adalah Kebudayaan, dalam Tonny d. Widiastono, “Pendidikan Manusia Indonesiaâ€. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2004.

Hasyim Asy’ari, Pendidikan Karakter Khas Pesantren (Adabul ‘Alim wal Muta'allim), 2016

Holmstrom, Bengt. “Moral Hazard and Observability†The Bell Journal of Economics, Vol. 10, No. 1, 1979, http://www.jstor.org/stable/3003320

Huddle, Thomas S. “Teaching Professionalism: Is Medical Morality a Competency?†Academic Medicine, Vol. 80, No. 10 / October 2005

Ibnu Katsir, Imad al din Ismail bin Umar. Tafsir al-Qur`an al`Adzim, juz 1, Beirut: Dar al-Fikr, 2005.

Ismail, Hasan Langgulung. Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21. Jakarta: Pustaka al-Husna, 1988.

Jack R. Fraenkel dan Norman E, Wallen, How To Design And Evaluate Research In Education, The McGraw-Hill Compenies, New Yoork: 2008.

John W.Best, Research In Education, Penyunting Sanafiah Faisal dan Mulyadi Guntur Wasiso, Surabaya: Usaha Nasional, 1982.

Julia Brannen, Mixing Methods: Qualitative and Quantitative, Terj.Nuktah Arfawie Kurde, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.

K.H. R. Zainuddin Fananie, Pedoman Pendidikan Modern Cet.1, Solo: Tinta Medina, 2011.

Karso, Wardani dan Ade Rohayati. Pembina Kompetensi Guru Agama. Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.

Keesing-Styles, Linda. “The Relationship between Critical Pedagogy and Assessment in Teacher Educationâ€, Radical Pedagogy, Vol. 5, No. 1, Tahun 2003.

Kementerian Agama Republik Indonesia, Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Agama Islam, 2017.

Kementerian Agama RI, Kamus Istilah Keagamaan Islam, Jakarta: Puslitbang Lektur Dan Khazanah Keagamaan Badan Litbang dan Diklat, 2014

Kementerian Agama RI, Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 211 Tahun 2011 Tentang pedoman Pengembangan Standar Nasional Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah. Jakarta

Kementerian Agama RI, Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5163 tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Pengembangan Pembelajaran pada Madrasah, Jakarta: Kementerian Agama RI, 2018.

Kementerian Agama RI, Terjemah Al-Quran Edisi Penyempurnaan tahun 2019. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI: Jakarta, 2019

Kementerian Negera PAN dan RAB. (2009). Permenneg PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 tentang Penilaian Kinerja Guru. Jakarta

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah, Jakarta: 2013.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: 2003.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: 2016.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Permendiknas Nomor 35 Tahun 2010 tentang proses

Koontz, Harool. Principles of Management An Analysis of Managerial Functions Auckland: McGraw-Hill Internainal Book Company, 1984.

Kuntowijoyo. Identitas Politik Umat Islam. Cet. II; Bandung: Mizan, 1997.

Lankshear, Colin dkk. “Critical Pedagogy and Cyberspace†dalam Henry A. Giroux dkk., Counternarratives: Cultural Studies and Critical Pedagogies in Postmodern Spaces. New York: Routledge, 1996.

Lee, Ena dan Caterina Reitano. “A Critical Pedagogy Approach: Incorporating Technology to De/Reconstruct Culture in the Language Classroom†dalam http://fcis.oise.utoronto.ca/%7Ecreitano/critical/technology.html (temu kembali 9 Desember 2005).

Lexy Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif,Remaja Rosdakarya, Bandung,1991.

Loughran, John. An Introduction to Purpose: Passion and Pedagogy dalam John Loughran and Tom Russel, “Teaching about Teaching: Purpose, Passion and Pedagogy in Teacher Educationâ€. Washington DC: The Falmer Press, 1997.

Lumpkin, Angela. “Teacher as Role Models: Teaching Character and Moral Virtuesâ€, JOPERD, Vol. 79, No. 2, 2008.

M. Abdu Mujeb, Syafi’ah dan M, Ahmad Ismail. Ensiklopedia Tasawuf Imam Al-Ghazali. Jakarta: Hikmah, 2009.

M. Echols, John dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: PT Gramedia,1992.

M. Medley, Donald. Teacher Competence and Teacher Effectiveness. Washington, D.C: American Asscociation of Colleges for Teacher Education, 1977.

M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Mishbah, cet. 2, Jakarta: Lentera Hati, 2004, vol. VII.

-------. Tafsir Al-Mishbah, cet. 3, Jakarta: Lentera Hati, 2002, vol. VIII.

-------. Wawasan Alquran Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 2005.

M. S, Djohar. Pendidikan Strategik; Alternatif untuk Pendidikan Masa Depan, Yogyakata: LESFI, Yogyakarta, 2003.

Ma’arif, Ahmad Syafi’i. Islam dalam Bingkai Keindonesiaan dan Kemanusiaan: Sebuah Refleksi Sejarah. Bandung: Mizan, 2009.

Madjid, Nurcholish. Islam Doktrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan dan Kemoderenan. Jakarta: Paramadina, 2000.

Maraghi, Ahmad Mustafa. Tafsir al-Maraghi, Jilid 2, Madinah: Dâr al-Fikri, t.t.

Martin, Kenn. “Alternative Modes of Teaching and Learning; Alternatives Modes to Delivery: Critical Pedagogy†dalam http://www.csd.uwa.edu.au/altmodes/to_delivery/critical_pedagogy.html.

Mas’ud, Abdurrahman. â€Memahami Agama Damai dunia Pesantrenâ€, dalam Sholeh, Badrus (ed.). Budaya Damai Komunitas Pesantren. Jakarta: LP3ES, 2007.

McAdams, D. P. (1985). Power, intimacy, and the life story: Personological inquiries into identity. New York: Guilford Press.

McAdams, D. P. (1994). Can personality change? Levels of stability and growth in personality across the life span. In T. F. Heatherton & J. L. Weinberger (Eds.), Can personality change? (pp. 299 –313). Washington, DC: American Psychological Association.

McAdams, D. P. (1995). What do we know when we know a person? Journal of Personality, 63, 365–396.

McAdams, D. P. (1997). A conceptual history of personality psychology. In R. Hogan, J. Johnson, & S. Briggs (Eds.), Handbook of personality psychology (pp. 3–39). San Diego, CA: Academic Press.

McAdams, D. P. The person: A new introduction to personality psychology (4th ed.). New York: Wiley, 2006.

McAdams, D. P. (b). The redemptive self: Stories Americans live by. New York: Oxford University Press, 2006.

McAdams, D. P., Anyidoho, N. A., Brown, C., Huang, Y. T., Kaplan, B., & Machado, M. A. (2004). Traits and stories: Links between dispositional and narrative features of personality. Journal of Personality.

McAdams, D. P., Diamond, A., de St. Aubin, E., & Mansfield, E. D. (1997). Stories of commitment: The psychosocial construction of generative lives. Journal of Personality and Social Psychology.

McClelland, D. C. Personality. New York: Holt, Rinehart & Winston, (1951).

Mikkelsen, Britha. Methods for development work and Research: A.Guide for Practitioners (1995) Terj. Matheos Nalle, Pustaka Obor Indonesia, 2011

Muhadjir, Noeng. Filsafat Islam: Telaah Fungsional. Cet. I; Yogyakarta: Rake Sarasin, 2003.

Muhaimin dan Abdulmujib. Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Filosofis dan KerangkaOperasionalnya. Bandung: Trigenda Karya, 199

Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Mujib, Abdul dan Mudzakkir Jusuf. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Media, 2006.

Mulkhan, Abdul Munir. Nalar Spiritual Pendidikan: Solusi Problem Filosofis Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2002.

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi dan Inovasi.Remaja Rosdakarya, Bandung, 2004.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Mustofa Bisri. “Pesantren dan Pendidikanâ€, Tebuireng, Edisi 1/Tahun I/Juli- September 2007.

Nahlawi, Âbd. al-Rahman. Absul al-Tarbiyah al-Islâmiyah fi Baiti waal-Madrasah wa Beirut, tt.

Najib Tubagus Al-Bantani, Al-Quran Mushaf Al-Bantani dan Terjemahannya, Serang: Majelis Ulama Indonesia Provinsi Banten, 2012, Cetakan III.

Naquib Al-Attas, Syed Muhammad. Islam, Secularism, and the Philosophy of the Future. London: Mansell Publising, 1985.

Narvaez , Darcia and Daniel K. Lapsley. Teaching Moral Character: Two Strategies for Teacher Education. Center for Ethical Education, 118 Haggar Hall, University of Notre Dame, 2004.

Nata, Abuddin. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Pola Hubungan Guru Murid: Studi Pemikiran Tasawuf al-Ghazali. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001.

Nawawi, al-TibyÄn fÄ« ÂdÄbi Hamalah al-Qur’an . Surabaya: al-Hidayah, tt.

Nawawi, Hadari. Organisasi Sekolah Dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1982.

Nuryatno, M. Agus. Mazhab Pendidikan Kritis: Menyingkap Relasi Pengetahuan, Politik dan Kekuasaan. Cet. I; Yogyakarta: Resist Book, 2008.

Ozmon, Howard A. dan Samuel M. Craver. Philosophical Foundations of Education. Edisi V; New Jersey: Prentice-Hall, 1995.

Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 03/V/PB/2010 dan Nomor 14 Tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya; Page | 3

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD; dan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibdtidaiyah;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan; dan

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2013 tentang standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan;

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2014 tentang Peran Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Guru Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Dalam Implementasi Kurikulum 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah;

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/ Madrasah;

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/ Madrasah;

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor;

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/ Madrasah;

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya;

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 13 tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan;

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;

Permendiknas Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus

Poerwadarminta, W.J.S. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Postman, Neil. Matinya Pendidikan, Redefinisi Nilai-Nilai Sekolah. Yogyakarta: Jendela, 2002.

Powell, Angela. The Cornerstone: Classroom Management that Makes Teaching More Effective, Efficient, and Enjoyable. America: USA Printed, 2009.

Pradipto, Y. Dedy. Belajar Sejati Versus Kurikulum Nasional: Kontestasi Kekuasaan dalam Pendidikan Dasar. Cet. I; Yogyakarta: Kanisius, 2007.

Pritchard Paolitto, Diana. “The Role of the Teacher in Moral Education†Theory Into Practice, Vol. 16, No. 2, 1977.

Pudjawiyatna dalam Hadi Supeno. Potret Guru. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995.

Qaatan Manna’ Khalil. Mabahis fi Ulum al Qur`an, t.t, cet, II.

Rahim, Husni. Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2005.

Rahman, Fazlur. Islam. New York: Anchor Books, 1968.

Raji’ al Faruqy, Ismail. Islamisasi Ilmu Pengatahuan. Jakrta: Lontar Utama, 2000.

Ramayulis, Profesi & Etika Keguruan, cet. 7, Jakarta: Kalam Mulia, 2013.

Rasyid Ridla, Muhammad. Tafsir al-Manar. Maktabah Syamilah.

Rasyidin,W., Kompetensi Kepribadian guru Agama Islam, 2007.

Richert, Anna. Learning to Teach Teachers: Introductiondalam Tom Russel and Fred Korthage (ed.) “Teachers who Teach Teachers: Reflections on Teacher Educationâ€, Hong Kong: Routledge, 1995.

Ricklefs, M. C. Polarisation Javanese Society: Islamic and Other Visions (C. 1830-1930) Singapore: NUS Press, 2007.

Risakota, Bernhar Adeney.“Pendidikan Kritis yang Membebaskan†Majalah BASIS, Edisi Januari-Pebruari, Yogyakarta, 2001.

Salih, Subhi. Mabahis fî Ulûm al-Qur`an. Beirut: Dâr al-‘Ilm li al-Malâyin, 1988.

Sarbiran. “Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi Perspektif Sosial dan Politikâ€, dalam Musthofa & Imam Machali (ed.), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi Presma F.T UIN Sunan Kalijaga & Arruz Press, Yogyakarta, 2004.

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Shor, Ira. “Education is Politics: Paulo Freire’s Critical Pedagogy†dalam Peter McLaren dan Peter Leonard (eds.), Paulo Freire: a Critical Encounter. London: Routledge, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Alfabeta, Bandung, 2013

Suharto, Toto. “Pengaruh Filsafat Posmodernisme dalam Pendidikanâ€, Refleksi:Jurnal Filsafat dan Pemikiran Islam, Vol. 8, No.1, Januari 2008.

Sukron Makmun, “Model Toleransi Beragama, Melalui Program Pembangan Karakter Perspektif Al-Qur’an (Studi Interaksi Antar mahasiswa beda agama di Universitas Bina Nusantara)â€, Disertasi Program Studi Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Konsentrasi Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Institut PTIQ Jakarta, 2022.

Sulthan, Muhammad al-Sayyid. Mafahim Tarbawiyyah fi al-Islam. Cet. II; Kairo: Dar al-Ma’arif, 1981.

Sunan al-Tirmidzi, hadis no. 2611 dan Sunan Ibn Majah, hadis no. 4159 dalam CDRom Mausu’ah al-Hadits al-Syarif.

Suyanto dan Asep Jihad, Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global, diterbitkan oleh Esensi (2014)

Syalabi. Ahmad. Sejarah Pendidikan Islam. Singapura: Pustaka Nasional, 1976.

Syam, Nur. “Pendidikan sebagai Program Pembebasan†dalam http://nursyam.sunanampel. ac.id.

t.d.https://zulkiflihasan.wordpress.com/2013/05/14/guru-sebagai-murabbi-mudaris-mualim-dan-mursyid-selamat-hari-guru/. Diakses pada 26 Januari 2023

t.d.https://zulkiflihasan.wordpress.com/2013/05/14/guru-sebagai-murabbi-mudaris-mualim-dan-mursyid-selamat-hari-guru/. Diakses pada 26 Januari 2023

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya,1992.

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Cet. II; Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994.

Tilaar, H.A.R. Perubahan Sosial dan Pendidikan; Pengantar Pedagogik Untuk Indonesia, PT. Grasindo, Jakarta, 2001.

Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam I. Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Ulwan, Abdullah. Tarbiyah al-Awlâd fî al-Islâm. Beirut: Dar al-Salam, 1978

Undang Burhanudin, Judul Disertasi: “Peningkatan Kompetensi Guru PAI Melalui Jalur Pendidikan Profesi Guru†(Studi Terhadap Program Sertifikasi Guru Madrasah Melalui Jalur PPG Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Juni 2016

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;

Veugelers, Wiel. Moral Values in Teacher Education. Paper Presented at the 1st Symposium on Moral and Democratic Education, 24 27 August 2008, Florina, Greece. w.m.m.h.veugelers@uva.nl.

Wahid, Abdurrahman. Menggerakkan tradisi. Yogyakarta: LKiS, 2010.

Wijdan SZ, Ade et al. Pemikiran dan peradaban Islam. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2007.

Yani Ahmad, Be Excellent Menjadi Pribadi Terpuji, Jakarta: Al-Qalam Gema Insani, 2014,

Yunus, Mahmud. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1979..

Zainuddin, et al. Seluk-beluk Pendidikan dari al-Ghazali. Jakarta: Bumi Aksara, 1991.

Zarnuji, Imam. Ta’lim al-Muta’alim. Surabaya: Maktabah Salim Umar, tt.


Article metrics

Abstract views : 410 | views : 177


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v6i2.592

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v6i2.592.g228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 M. Edi Suharsongko, Aprianif Aprianif, Armai Arif, Akhmad Shunhaji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.