DIALEKTIKA‘ULŪM AL-QUR’ĀN DI MASA ABBASIYAH: STUDI PEMIKIRAN ABŪ ‘UBAID AL-QĀSIM IBN SALLĀM

Mutma'inah Mutma'inah(1*),

(1) UIN Walisongo Semarang
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract

Abū ‘Ubaid al- Qasim ibn Sallam  was one of the early era scholars of ‘ulūm al-Qur’ān who lived in the 3rd Century of the Hijra. He live in the era Bani Abbasids reign who had the ideology of Mu’tazilah. Although Abbasid goverment carried out the mihnah, but Abū ‘Ubaid, who was an ahl al-sunnah wa al-jama’ah cleric could survive the incient. This article discusses the dialectic of Abū ‘Ubaid’s  thought of  ulum al-Qur’an with the social and political situation  that occured at that time.  In his book Faḍāil al-Qur’ān, Abū ‘Ubaid acknowledged that the Qur’an is kalām Allah  and  narrated  the hadith and aṡar which told about syafā’at al-Qur’anfor its reader. Of course this is cotrary to Mu’tazilah  ideology, as the official mazhab of the state. Nevertheless Abū ‘Ubaid did not blame the goverment’s ideology that stated  the Qur’an was a creature (khalq al-Qur’ān).

Keyword: Abū ‘Ubaid ‘ulūm al-Qur’ān, Abbasid

Abstrak

Abū ‘Ubaid al-Qasim ibn Sallam adalah salah satu ulama ‘ulūm al-Qur’ān generasi awal yang hidup pada abad ke 3 H. Ia hidup pada masa pemerintahan Bani Abbasiyah yang berideologi Mu’tazilah. Meskipun pemerintah Abbasiyah saat itu melakukan mihnah, namun Abū ‘Ubaid yang merupakan ulama ahl al-sunnah wa al-jama’ah yang selamat dari peristiwa tersebut. Artikel ini membahas pemikiran ‘ulum al-Qur’an Abū ‘Ubaid pada situasi sosial dan politik yang terjadi saat itu. Dalam kitabnya Faḍāil al-Qur’ān Abū ‘Ubaid mengakui bahwa al-Qur’an adalah kalām Allah dan meriwayatkan hadits serta aṡar yang menceritakan tentang syafā’at al-Qur’an bagi pembacanya. Tentu saja hal ini berseberangan dengan madzhab Mu’tazilah, sebagai madzhab resmi negara. Walaupun demikian Abū ‘Ubaid tidak menyalahkan ideologi pemerintah yang menyatakan bahwa Al-Qur’an adalah makhluk (khalq al-Qur’ān).


Keywords


Pemikiran Islam

Full Text:

PDF

References


Al-Rāzī, Fakhruddin.1992. Khalq al-Qur’ān: Baina Mu’tazilah wa Ahl al-Sunnah wa al-Jamā’ah, Beirut: Dār al-Jail.

Hakim, Muhammad Baqir. 2006. Ulumul Qur’an, Jakarta: AL-HUDA.

Ilyas, Yunahar. 2009. “Perlukah Hermeneutika dalam Menafsirkan al-Qur’an?”, Jurnal al-Taqaddum, 2 (2/Nopember), 197-209.

Al-Jabiri, Muhammad Abed. 2014. Formasi Nalar Arab ( Takwīn al-‘Aql al-‘Arabiy ): Kritik Tradisi dan Wacana Agama, terj.Yogyakarta: IRCiSoD.

Kholifah, Haji. 1941. Kyasf al-unūn ‘an Asāmī al-Kutub wa al-Funūn, Baghdad: Maktabah al-Maṡnā.

Lapidus, Ira M. 1999. Sejarah Sosial Ummat Islam, diterjemahkan oleh Ghufron A.Mas’adi, Jakarta: PT.RajaGrafindo Persada.

Muslim, t.t.. aī Muslim, Beirut: Dār Iḥyā’ al-Turāṡ al-‘Arabi

Mustaqim, Abdul 2008. Pergeseran Epistemologi Tafsir, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mustaqim, Abdul, 2010, Epistemologi Tafsir Kontemporer, Yogyakarta: LKiS.Al-Qattan, Mana’, 1990, Mabāi fi ‘Ulum al-Qur’ān, t.k: Mansyūrat al-‘Aṣri al-Ḥadīṡ.

Al-Qasim, Abū ‘Ubaid. 1997. Al-Nāsikh wa al-Mansūkh, Riyaḍ: Maktabah al-Rusyd

___________________, 1995, Faāil al-Qur’ān, Beirut; Dār Ibn Kaṡir.

___________________, 2009, Ensiklopedia Keuangan Publik, diterjemahkan oleh Setiawan Busi Utomo dari al-Amwāl, Jakarta: Gema Insani.

Romdhoni, Ali. 2013. Al-Qur’an dan Literasi: Sejarah Rancang-Bangun Ilmu-ilmu Keislaman, Depok: Lineratur Nusantara.

Al-Ṣālih, Ṣubhiy, tt, Mabāhi fī ‘Ulūm al-Qur’ān, Beirut: Dar al-Ilmi al-Malāyīn.

Shihab, Quraish, dkk, 2001, Sejarah & Ulum Al-Qur’an, Jakarta: Pustaka Firdaus & Bayt al-Qur’an.

Suyudi, H.M. 2002. “Hermeneutika Al-Qur’an: Studi tentang Pendekatan Hermeneutika dalam Pendekatan al-Qur’an”, Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 2 (2/Juli), 113-123.

Sunanto, Musyrifah. 2011. Sejarah Islam Klasik, Jakarta: Kencana

Al-Suyuthi, Abū Bakar.1990. al-Itqān fī ‘Ulūm al-Qur’ān, Beirut; Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Sodiqon, Ali, dkk. 2004. Sejarah Peradaban Islam: Dari Masa Klasik Hingga Modern, Yogyakarta: LESFI

Wijaya, Aksin. 2009. Arah Baru Studi ‘Ulūm al-Qur’ān: Memburu Pesan Tuhan di Balik Fenomena Budaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Al-Żahabī.1976. Al-Tafsīr wa Al-Mufassirūn, Kairo: t.p.

Al-Zarqani, Muhammad Abdul Adzim. 2002. Manāhil al-‘Irfan fī ‘Ulum Al-Qur’ān, Jakarta: Gaya Media Pratama.


Article metrics

Abstract views : 19 | views : 7


DOI: https://doi.org/10.33853/istighna.v4i1.98

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/istighna.v4i1.98.g94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Mutma'inah Mutma'inah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.