Penerapan Metode Inquiry Poster Comment dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Rahayu Safitri(1*),

(1) Mahasiswa Prodi PAI STIT Islamic Village Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), dalam penelitian ini mencangkup empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi  secara umum bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI pada siswa kelas XII IIK di MAN 2 Tangerang. Secara khusus bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran PAI dengan menerapkan metode Inquiry Poster Comment pada siswa kelas XI IIK di MAN 2 Tangerang pelajaran akidah akhlak semester ganjil pada materi akhlak dalam pergaulan remaja.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Demikian pula halnya dengan siklus II. Data efektivitas pembelajaran siswa digali dengan lembar pengamatan aktivitas siswa. Sedangkan hasil belajar siswa digali dengan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) penerapan metode inquiry poster comment yang diterapkan pada siswa kelas XI IIK di MAN 2 Tangerang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI, menuangkan ide dan gagasan, serta kemampuan berfikir kritis siswa. (2) Efektivitas belajar belajar siswa kelas XI IIK di MAN 2 Tangerang pada materi Akhlak Dalam Pergaulan Remaja mengalami peningkatan setelan menggunakan metode inquiry poster comment.

Berdasarkan  hasil penelitian yang telah dilakukan  mnunjukkan bahwa penerapan metode inquiry poster comment pada pembelajaran PAI memiliki dampak positif dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran siswa, sehingga dapat mencapai hasil yang diharapkan bagi siswa dan guru.


Keywords


Inquiry Poster Comment; Efektivitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Anitah Sri, 2008. Media Pembelajaran, Sukarta: LPP UNS dan UNS Pers

Daryanto, 2010. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media

Gunawan Heri, 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta

Laefudin, 2017. Belajar & Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish Publisher

Miarso Yusufhadi, 2014. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana Pranada Media Group

Muanley Yonas, 2016. Pengertian Efektivitas Pembelajaran, diakses dari https://teoriefektivitas.blogspot.com/2016/02/pengertian-efektivitas-pembelajaran.html?m=1, pada tanggal 19 April 2019

Munajah Robiatul, 2017. Efektivitas Pembelajaran, diakses dari dari http://robiatulmunajahpgsd.blogspot.com/2017/04/efektivitas-pembelajaran.html?m=1, pada tanggal 19 April 2019

Mulyasa. E, 2003. Kurikulum Berbasis Komopetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Mulyasa, 2005. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosdakarya

Nata Abuddin, 2016. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Penamedia Group

Rohani Ahmad, 2010. Pengelolaan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Putra

Rosyada Dede, 2004. Pradigma Pendidikan Demokratis, Jakarta: Prenada Media

Sanjaya Wina, 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana

Shoimin Aris, 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana Nana, dan Rivai Ahmad, 2010. Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjiono Anas, 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Susilana Rudi, dan Cepi Riana, 2009. Media Pembelajaran, Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian, Bandung: CV Wacana Prima

Supari dan Darwiyahsyah, 2009. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Diadit Media

Yamin Martinis, 2013. Strategi Dan Metode Dalam Pembelajaran, Jakarta: GP Press Group


Article metrics

Abstract views : 99 | views : 211


DOI: https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.68

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.68.g54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Rahayu Safitri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.