Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Gandasari Kota Tanngerang

Fika Ulfiani(1*),

(1) Mahasiswa Prodi PAI STIT Islamic Village Tangerang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tingkat pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi belajar yang dimaksud adalah keseluruhan daya penggerak psikis didalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberi arah pada kegiatan belajar itu dalam mencapai suatu tujuan. Perhatian yang diberikan orang tua juga meningkatkan motivasi belajar anak. Ketika orang tua yang berkependidikan tinggi secara tidak langsung anak akan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi, dan isterview untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Disamping itu, peneliti menggunakan teknik random sampling dalam menenukan responden penelitian.

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Gandasari kota Tangerang terdapaat korelasi yang cukup positif antara kedua variabel tersebut meskipun korelasinya cukup atau sedang. Hal ini didasarkan pada perhitungan dengan menggunakan rumus product moment dan dihasilkan koefesien korelasi sebesar 0,588. Berdasarkan hasil interprestasi yang didapat dengan melihat df pada taraf 5% sebesar (0,235) dan taraf 1% sebesar (0,306), ini menunjukkan bahwasanya rxy sebesar 0,588 lebih besar dibandingkan dengan nilai tabel df pada taraf signifikan 5% dan 1%. Dengan demikian maka Ha diterima, yaitu ada pengaruh antara latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Gandasari kota Tangerang, ini berarti motivasi belajar sisa dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan orang tua. Dan determinasi sebesar 34,5% ini berarti motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan orang tua. Selebihnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor lingkungan, faktor psikologis dan faktor yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa

Keywords


Tingkat Pendidikan Orang Tua; Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam, t.t. Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Amin, Safwan, 2005. Pengantar Psikologi Pendidikan, Banda Aceh: Yayasan Pena

Gulo, Masniwati, 2017. Pengauh Latar Belakang Ekonomi Orang Tua dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Hamid, Hamdani dan Beni Ahmad Saebani, 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, Bandung: CV Pustaka Setia

Iriana, Fritiana, 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Parama Ilmu

Khadijah, Nyanya, 2017. Psikologi Pendidikan, Palembang: Geafika Telindo Press

Mustofa, Bisri, 2015. Psikologi Pnedidikan, Yogyakarta: Parama Ilmu

Nadirah, Yahdinil Firda, 2014. Psikologi Belajar dan Mengajar, Serang: CV Cahaya Minolta

Naim, Ngarnun, 2012. Character Building, Yogyakarta: Ar-Ruzz

Purwanto, M. Ngallim, 2008. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Purwanto, Nanang, 2014. Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu

Qamar, Muzamil, 2015. Dimensi Manajemen Pendidikan, Jakarta: Erlangga

Sani, Ridwan Abdullah, 2013. Inovasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sardiman, A.M, 1986. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: CV.Rajawali

Sayyid, Muhammad, Az-Za’balawi Muhammad, 2007 Pendidikan Remaja Antara Islam dan Ilmu Jiwa, Jakarta: Gema Insani Press

Subuni, Nini, 2014. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak, Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiono, 2017. Metode Penelitian, Bandung: Alfabeta

Sugiono, 2014. Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Sujanto, Bedjo, 2007. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah, Jakarta: Sagung Seto

Tatang S, 2012. Ilmu Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI, 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian III, Jakarta: Grasindo

Tohorin, 2005. Psikologi Pembelajaran Pendidikan, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada


Article metrics

Abstract views : 78 | views : 85


DOI: https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.73

DOI (PDF): https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.73.g59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fika Ulfiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.